Pages

2/19/2019

Pengertian dan Contoh Kalimat Complex Sentence


How are you sob? Welcome to my blog. Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai apa itu complex sentence?? Tahukan sobat bahwa sebenarnya complex sentence itu merupakan salah satu dari empat sentence structure dan itu sudah sering kita jumpai di artikel-artikel, buku-buku, dan majalah-majalah bahasa Inggris. Membuat complex sentence itu sendiri tidak cukup sulit jika kita sudah tahu apa itu independent dan dependent clause. Nah, untuk mengetahuinya kuy sobat lihat penjelasan dibawah ini.


Pengertian
Complex sentence adalah kalimat yang terdiri dari satu independent clause dan satu (atau lebih) dependent clause. Dependent clause disebut juga fragment atau kalimat yang tidak lengkap dan tidak dapat berdiri sendiri. Sedangkan Independent clause merupakan sekumpulan kata yang mempunyai subject, verb dan tentunya bisa berdiri sendiri. Look the examples:

When I was taking a bath, my mother watched a film (Ketika saya sedang mandi, ibu saya menonton film).
"When I was taking a bath" merupakan dependent clause, sedangkan "my mother watched a film" merupakan independent clause.

I can't buy the car, because I don't have much money (Saya tidak dapat membeli mobil, karena saya tidak mempunyai banyak uang).
"I can't buy the car" merupakan independent clause, sedangkan "because I don't have much money" merupakan dependent clause.



Jenis-jenis Dependent Clauses Yang digunakan dalam Complex Sentence

1. A Dependent Adjective Clause
Sebuah Dependent Adjective Clause ini merupakan sebuah clause/kalimat yang berfungsi untuk memodifikasi atau menggambarkan noun (kata benda).

>Who, which, that as a subject.
Ex: 
- The old man who lived next door to us has just died (Laki-laki tua yang tinggal di sebelah kami baru saja meninggal).
- The pen which is on the desk is mine (Pena yang ada di atas meja itu adalah milikku).
- The turkey that I ate yesterday is delicious (Kalkun yang saya makan kemarin enak).

> Whom, which, that as an object
- The man whom I helped is Mr. Ichsan (Pria yang saya tolong adalah pak Ichsan).
- The article which I read was very good (Artikel yang saya baca sangat bagus).

> Whose
- I see the man whose his car was lost (Saya melihat pria yang mobilnya hilang).


2. A Dependent Noun Clause
Sebuah Dependent Noun Clause ini bisa digunakan sebagai subject atau object. Dengan kata lain, noun clause digunakan dengan cara yang sama dengan noun .

Noun Clause bisa dibentuk dengan:
Question Word > Subject > Verb > Object/Adverb

>> A Dependent Noun Clause sebagai Subject.
Ex:
- Where he lives is not problem for me (Dimana dia tinggal bukan masalah bagiku).
- Why she comes late is not my business (Mengapa dia datang terlambat bukanlah urusan saya).

>> A Dependent Noun Clause sebagai Object.
Ex:
- I do not know where a bookstore is (Saya tidak tahu di mana toko buku itu berada).
- I disagree what your opinion is (Saya tidak setuju apa pendapat Anda).


3. A Dependent Adverb Clause
Sebuah Dependent Adverb Clause ini merupakan sebuah clause atau kalimat yang memiliki fungsi adverb (kata keterangan) dalam sebuah kalimat. Adverb clause ini mempunyai beberapa jenis:

> Adverb clause of time. Kata penghubung yang biasa digunakan (after, before, until, when, etc).
Ex: My mother gives me some advices before I go to England (Ibu saya memberi saya beberapa nasihat sebelum saya pergi ke Inggris).

> Adverb clause of place. Kata penghubung yang biasa digunakan (where, wherever, etc).
Ex: He can enjoy his life wherever he lives (Dia dapat menikmati hidupnya di mana pun dia tinggal).

> Adverb clause of reason. Kata penghubung yang biasa digunakan (because, since, etc).
Ex: I buy a house because I have much money (Saya membeli rumah karena saya punya banyak uang).

> Adverb clause of contrast. Kata penghubung yang biasa digunakan (although, though, etc).
Ex: She is not happy although she rich (Dia tidak bahagia meskipun dia kaya).

> Adverb clause of purpose. Kata penghubung yang biasa digunakan (in order that, so that, etc).
Ex: I consumed some fruits everyday so that I become healthy person (Saya mengkonsumsi beberapa buah setiap hari sehingga saya menjadi orang yang sehat).

> Adverb clause of result. Kata penghubung yang biasa digunakan (so that, etc).
ex: He studied hard so that he got the scholarship (Dia belajar dengan giat sehingga mendapatkan beasiswa).

Baiklah sobat, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat buat sobat semua.

0 komentar:

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com