Pages

2/20/2019

Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Complex Sentence


How are you sob? Welcome to my blog. Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai apa itu compound-complex sentence?? Tahukan sobat bahwa sebenarnya compound-complex sentence itu merupakan salah satu dari empat sentence structure dan itu sudah sering kita jumpai di artikel-artikel, buku-buku, dan majalah-majalah bahasa Inggris. Membuat compound-complex sentence itu sendiri tidak cukup sulit jika kita sudah tahu apa itu independent dan dependent clause. Nah, untuk mengetahuinya kuy sobat lihat penjelasan dibawah ini.


Pengertian
Compound complex sentence adalah sentence types dalam Bahasa Inggris yang merupakan gabungan dari konsep compound sentence dan complex sentence. Jadi, bisa kita artikan bahwa compound complex sentence ini merupakan sebuah kombinasi dari dua atau lebih independent clauses dan satu atau lebih dependent clauses.
Ex:
> After I Graduated from MAN 1 Pekanbaru, I wanted to travel, but I had to work in my village as a teacher (Setelah saya lulus dari MAN 1 Pekanbaru, saya ingin bepergian, tetapi saya harus bekerja di desa saya sebagai guru).
Dependent clause: After I Graduated from MAN 1 Pekanbaru.
Independent clause 1: I wanted to travel.
Independent clause 2: I had to work in my village as a teacher.

> Although women can own property, they can not vote, nor can they be elected to public office (Meskipun perempuan dapat memiliki harta benda, mereka tidak dapat memilih, juga tidak dapat dipilih untuk jabatan publik).
Dependent clause: Although women can own property.
Independent clause 1: they can not vote.
Independent clause 2: can they be elected to public office.

> My sister doesn’t like K-pop because it is boring, so she ignore it (Adikku tidak suka K-pop, karena itu membosankan, jadi dia mengabaikannya).
Independent clause 1: My sister doesn’t like K-pop.
Independent clause 2: she ignore it.
Dependent clause: because it is boring.

> I visited the place that you told me, and I bought some merchandises (Saya mengunjungi tempat yang Anda katakan, dan saya membeli beberapa barang dagangan)
Independent clause 1: I visited the place.
Independent clause 2: I bought some merchandises.
Dependent clause: that you told me.

> I wrote an article yesterday because I had free time, and I published it to my website (Saya menulis sebuah artikel kemarin karena saya memiliki waktu luang, dan saya menerbitkannya di situs web saya).
Independent clause 1: I wrote an article yesterday.
Independent clause 2: I published it to my website.
Dependent clause: because I had free time.

> My father planted some trees in front of our house, but he didn’t build fence around it because he is too tired (Ayah saya menanam beberapa pohon di depan rumah kami, tetapi dia tidak membangun pagar di sekitarnya karena dia terlalu lelah).
Independent clause 1: My father planted some trees in front of our house.
Independent clause 2: he didn’t build fence around it.
Dependent clause: because he is too tired.


Aturan Penggunaan Tanda Baca dalam Compound Complex Sentence
Ada aturan tanda baca yang perlu diperhatikan dalam penulisan kalimat berjenis compound complex sentence yaitu penggunaan tanda baca comma ( , ). Berikut keterangannya:

Compound Sentence:
> Tanda koma tepat digunakan sebelum coordinate conjunction (for, and, nor, but, or, yet, so).
Ex: Our couple is God's decision, so we must struggle to find and choose the fit person for us (Pasangan kita adalah keputusan Allah, jadi kita harus berjuang untuk menemukan dan memilih orang yang cocok untuk kita).

> Jika kata hubung yang digunakan adalah conjunctice adverb (furthermore, otherwise, therefore, however, when, moreover dan lainnya), tanda baca semicolon (titik koma) digunakan sebelum kata penghubung dan tanda koma setelah kata penghubung tersebut.
Ex: The boys do not realize that they grow a bit slower than the girls; however, they are usually taller than the girls at last (Anak laki-laki tidak menyadari bahwa mereka tumbuh sedikit lebih lambat daripada anak perempuan; Namun, mereka biasanya lebih tinggi daripada anak perempuan pada akhirnya).

> Jika independent clause sangat berhubungan, dapat digunakan semicolon untuk menggabungkan keduanya.
Ex: I like reading a novel; my sister like reading a comic (Saya suka membaca novel; kakak saya suka membaca komik).

Complex Sentence:
> Jika klausa berada pada tengah kalimat (adjective clause yang menerangkan subjek), klausa tersebut dapat diapit oleh tanda koma.

> Jika berada di awal kalimat (adverbial clause), akhir klausa diberi tanda baca koma.

Oke deh sobat, itulah ulasan singkat yang bisa saya sajikan seputar pengertian compound complex sentence dalam Bahasa Inggris, saya harap bisa sedikit membantu sobat yang sedang berusaha memahami jenis kalimat dalam Bahasa Inggris ini. Terimakasih atas kunjungannya, see you next time.

0 komentar:

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com